Wednesday, June 24, 2015

Lovebird, Tembakan Kasar Si Burung Cinta

Mengapa Lovebird sangat baik untuk masteran MB?
"Lovebird (LB) memiliki Tembakan panjang, kasar dan dibawakan dengan volume tembus yang garing".

Jadi Kriteria LB yang baik sebagai masteran MB adalah LB yang rajin ngekek, tarikan dan durasi lagu yang panjang, bukan LB yang hanya dominan mengeluarkan suara crek-crek nya saja dan dengan durasi ngekek yang cenderung pendek.
Pilihlah LB yang aktif ngekek dengan durasi 10-15 detik
Perawatan harian Lovebird sebagai Masteran
Berbeda dengan Lovebird untuk lomba, yang kesehariannya cenderung digantung dengan full kerodong. Untuk LB yang difungsikan sebagai masteran anda harus membuatnya agar tetap aktif ngekek pagi-siang dan sore. Oleh karena itu pilihlah LB yang aktif ngekek dengan konstan sepanjang hari. Durasi ngekek 10-15 detik saja sudah sangat baik asal latahan.

Cukup sediakan millet putih sebagai pakan hariannya, belakangan ini tersedia juga millet putih dalam kemasan ber merk, menurut saya ini lebih baik ketimbang millet kiloan karena lebih bersih. Sementara pemberian Extra Fooding berupa sayuran hanya diberikan dalam jumlah terbatas secara berkala, mengingat LB merupakan salah satu burung berkicau yang mudah sekali mencapai tingkat birahinya.

Mencegah Lovebird Over Birahi
Lakukan pengembunan rutin setiap hari, lalu EF, Mandi dan Penjemuran cukup diberikan dalam jumlah terbatas. Sementara umbaran akan lebih baik jika dilakukan rutin.

Berikut murai batu koleksi pribadi saya, yang saya berinama "Bravo" saat membawakan lovebird. Video ini diambil oleh Om Hardoyo Irwansyah saat si Bravo masih sekolah di UMS (Universitas Murai Solo) ;-) .


May 25, 2015. ringadraz.blogspot.com


No comments:

Post a Comment