Thursday, August 6, 2015

Jenis Extrafooding Untuk Indukan

Pemberian extrafooding (EF) yang baik untuk Indukan Murai Batu yang  sedang ditangkarkan sangatlah penting untuk diperhatikan, meski tidak ada standar bakunya. Masing-masing breeder mempunyai alasan tersendiri mengenai jenis dan jumlah EF yang diberikan. Oleh karena itu kali ini saya akan mengulas mengenai manfaat EF bagi Indukan Murai Batu di tangkaran.
Pemberian Extrafooding pada Indukan Murai Batu
1. Jangkrik
Jangkrik merupakan makanan pokok bagi indukan, karena dapat mendongkrak birahi dan menjaga stamina indukan agar tetap berada pada posisi yang stabil. oleh sebab itu ketersediaan jangkrik di kandang tangkaran tidak boleh kosong. Jangkrik yang diberikan tidak perlu dipotong kakinya, berikan saja secara utuh.

2. Kroto
Untuk ukuran pakan sebuah tangkaran, harga dan stok kroto yang berkualitas baik lumayan membuat dahi sang breeder mengkerut. hehehe.. oleh karena itu ada beberapa breeder yang mengurangi frekuensi dengan porsi secukupnya untuk pemberian kroto misalnya : kroto hanya diberikan saat indukan sedang meloloh anakannya.

3. Ulat Hongkong
Ulat Hongkong ampuh diberikan untuk mendongkrak birahi indukan. Pemberian ulat hongkong dapat diselingi dengan Ulat Jerman.

4. Ikan Guppy
Ikan merupakan sumber protein yang baik. Pemberian ikan guppy hanya sebagai menu tambahan.

5. Cacing Tanah
Cacing Tanah juga merupakan sumber protein yang baik, dan dapat menstabilkan birahi indukan yang terlalu tinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis EF bagi indukan Murai Batu yang bisa anda kenalkan ke indukan, pada prinsipnya indukan murai batu yang sedang ditangkarkan akan sangat tertarik kepada jenis pakan hidup dan bergerak. Selamat mencoba.

1 comment:

  1. Extrafooding alternatif pengganti jangkrik hidup untuk indukan. Praktis, lebih higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Extrafooding alternatif pengganti jangkrik hidup untuk indukan

    ReplyDelete