Wednesday, August 26, 2015

Burung Kolibri, Potret Masa Kini

Belakangan ini, berbagai jenis Kolibri, cukup banyak tersedia dalam jumlah banyak baik di pasaran maupun di kios-kios burung terdekat. Jenisnya pun bermacam-macam, ada Kolibri Muncang / Kolibri Wulung, Kolibri Sriganti / Sogok Ontong, Kolibri Sepah Raja, Kolibri Ninja Kolibri Gunung sampai Kolibri Kelapa Meski termasuk kedalam salah satu spesies burung yang dilindungi, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Penyelamatan Jenis Tumbuhan dan Satwa, hingga kini Kolibri masih bebas diperjualbelikan.
Berbagai Jenis Anakan Kolibri
Kolibri menjadi Burung Lomba dan Rumahan
Kolibri merupakan penerbang ulung yang sangat atraktif di alam liar, oleh karena itu ia membutuhkan asupan energi dalam jumlah besar yang biasa mereka dapatkan dari menghisap nektar. Kini beberapa EO menyediakan kelas khusus kolibri dalam beberapa event mereka, antusiasme dari para kicaumania pun cukup menggembirakan. 

Kini, Kolibri menjadi salah satu pilihan burung peliharaan yang paling banyak diburu oleh para kicaumania di negeri ini, karena burung mungil ini ternyata mampu mengeluarkan suara yang tajam. Akhirnya baik hanya untuk sekedar sebagai burung masteran dirumah maupun untuk dilombakan, Kolibri kini banyak dijumpai dipelihara di dalam sangkar-sangkar Lovebird. Tidak hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan para kolibri mania, Nektar buatan pun tersedia dipasaran dalam berbagai jenis (cair, serbuk) dan merk. Sebenarnya sebagai pengganti nektar di alam liar, Kolibri cukup diberi susu kental manis dan air gula setiap harinya, pemberiannya dapat diberikan secara bergantian. untuk EFnya anda dapat memberinya kroto bersih, apalagi jika kita merawat sedari anakan, beberapa kolibri bisa diajari makan voer halus.


Penangkaran Kolibri, Mungkinkah?
Untuk mengantisipasi kepunahan Kolibri yang diakibatkan oleh perburuan besar-besaran akhir-akhir ini. Bukan hal yang mustahil untuk memulai mencoba menangkarkannya. Apakah anda ingin menjadi yang pertama?


ringadraz.blogspot.com


Halaman Terkait :
Kolibri, dan Crecetannya Yang Pedas
Kandang Kolibri Dari Kaleng Bekas
Kolibri Salah Satu Burung Primadona di Lomba B&R

No comments:

Post a Comment