Sunday, August 23, 2015

Kiat Merawat Trotol ala IBC Team

Berikut ini adalah kiat merawat trotolan Murai Batu yang selama ini diterapkan oleh Mbah Ireng, IBC Team, Cipete, Jaksel. Kiat ini sempat beliau sharing di grup FB Murai Batu Indonesia. Dengan pola rawatan seperti ini, ia berhasil membawa 4 ekor MB trotolan miliknya berprestasi di berbagai lomba. 
Mbah Ireng, IBC Team, Cipete - Jakarta

A. Pola Makan.
1. Trotol yang berusia 2-5 bulan, setiap harinya diberi jangkrik 15 ekor pagi dan sore dan kroto. Stock jangkrik yang berada di kandang besar diberi makan kunyit secukupnya.


2. Untuk trotol usia 3 bulan, mulai dikenalin mandi keramba per 2 hari sekali hingga mencapai usia 5 bulan.


3. Seminggu sekali diberi minyak ikan Wellness dengan cara disuntikkan langsung ke jangkrik sekitar 3 atau 5 ekor suntikan.


4. Menginjak usia 5 bulan, porsi jangkrik dikurangi menjadi 10 ekor untuk pagi dan sorenya namun kroto tetap diberikan secukupnya setiap hari. Mandi keramba mulai setiap hari. Pada usia 5 bulan ini menu makan ditambah campuran voer nya dengan Remilen secukupnya dan diselang seling dengan Nutri Bird F16 plus suntikan jangkrik dgn minyak ikan wellnes seperti sebelumnya. Tidak ketinggalan penjemuran dilakukan dalam beberapa menit.


5. Menginjak usia 7 bulan, menu jangkrik diberikan 7 ekor pagi dan sore plus kroto secukupnya setiap hari dan tidak ketinggalan campuran voer dgn Remilen juga Nutri Bird F16 plus suntikan minyak ikan wellnes pd jangkrik setiap seminggu sekali. Pada usia ini juga mulai dikenalkan dengan kandang umbaran.


6. Menginjak usia 8 bulan biasanya trotolan remaja tadi diungsikan ke tempat yang khusus tiada suara murainya agar saat di setingga lomba tidak terganggu.


Menurut Mbah Ireng Alhamdulillah rata-rata trotolan tersebut setiap bulan turunnya bisa koncer Double Winner.
dari kiri ke-kanan Remilen, Minyak Ikan Wellness, Nutri Bird F16

B. Pola Masteran.
 1. Setelah trotol sampai di Markas IBC Team, trotol dimaster dengan metode khusus. Artinya pada usia 3 bulan pertama diberi masteran yang jenis karakternya sama misal : masteran yg memiliki karakter nembak dan yang memiliki karakter ngerol dipisah sendiri-sendiri. Jika saat itu kita memutuskan memberi masteran yang memiliki karakter nembak selama 3 bulan, maka 3 bulan berikutnya dapat diganti dengan masteran berkarakter ngerol hingga trotolan berusia 6 bulan.


 2. Pada usia 7 bulan sampai menjelang turun perdana dalam lomba, masteran akan dispesialkan artinya dipilih masteran yang punya kriteria nilai tinggi dalam lomba dengan maksud membentuk senjata atau tonjolan saat digantang nantinya tentu sesuai selera.
Sangkuriang, salah satu MB Besutan IBC Team

*dikutip atas izin Mbah Ireng, IBC Team untuk ringadraz.blogspot.com

1 comment:

  1. Makanan tambahan alternatif untuk murai batu. Praksis, lebih higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Makanan tambahan alternatif untuk murai batu

    ReplyDelete