Thursday, August 20, 2015

Tengkek Buto, Untuk Murai Batu

Tengkek Buto dipercaya oleh sebagian besar kicaumania sebagai salah satu burung masteran yang baik untuk Murai Batu, Cucak Hijau, Cucak Jenggot dan Lovebird.
Tengkek Buto Dewasa
Lalu kenapa Tengkek Buto cocok untuk masteran Murai Batu ?
Kicauan Tengkek mempunyai karakter yang monoton, rapat, kasar dan panjang. Nah, itu saja sudah memenuhi kriteria dasar suatu masteran yang baik, agar kelak dapat menjadi salah satu senjata andalan yang kerap dibawakan saat lomba. Saat murai mengeluarkan isian tengkek paruhnya akan terbuka lebar sehingga volume dan power yang dikeluarkannya bisa maksimal.
Kicauannya dapat membuat burung lain menjadi drop
Membuat burung lain menjadi drop
Volume Tengkek Buto tidak main-main, kicauannya tergolong nyaring dan cenderung kasar, ditambah lagi posturnya yang berukuran sedang, maka tidak heran jika burung-burung yang digantang terlalu dekat dengannya dapat menjadi drop atau kalah mental, sehingga enggan berbunyi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan agar penempatannya sehari-hari tidak terlalu dekat dengan burung lain terutama yang bermental kurang baik.

Beberapa testimoni rekan kicaumania menyebutkan bahwa Tengkek Buto yang masih muda atau bahkan yang masih lolohan akan terlihat sangat aktif ngekek, namun keaktifan nya akan berangsur berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, tidak heran jika dipelihara mulai dari anakan, Tengkek akan terlihat jinak dan terkadang manja seperti pentet.
Anakan Tengkek, lebih cerewet

August 20, 2015, ringadraz.blogspot.com

Halaman Terkait:
Mengulik Jati Diri Tengkek Buto

No comments:

Post a Comment