Sunday, June 18, 2017

Agar Murai Batu Bongkar Isian

"Tidak sedikit penghobbis Murai Batu yang kecewa ketika Murai Batu gacoannya yang sedang dilombakan, hanya bersuara ngukluk / ngeban-ngeban saja dan enggan bongkar isian".




Berikut adalah faktor-faktor yang turut mempengaruhi Murai Batu agar rajin bongkar Isian.

 
Materi yang dimiliki
Kicauan Murai Batu didapat dan dipelajari berdasarkan apa yang ia dengar sehari-hari di dalam habitatnya. Ini bisa berasal dari suara-suara burung sejenis, suara burung-burung lain yang tinggal berdampingan dengannya hingga hewan-hewan lain yang hidup dan berkembang di ekosistemnya seperti jangkrik, kodok, siamang dan lain sebagainya.

 
Kini dengan maraknya kehadiran Murai Batu Ring, kita dituntut untuk piawai dalam mencetak kicauan Murai Batu sesuai yang dengan kicauan yang diminta dalam spek lomba. Oleh karena itu kita perlu untuk mengkondisikan tempat tinggal kita seperti layaknya ekosistem yang ada di alam, dengan menghadirkan suara-suara yang diperlukan saat lomba, Yakni dengan menghadirkan burung-burung masteran yang baik di kediaman kita. Jika Murai Batu gacoan kita minim materi masteran, maka kicauannya pun akan cenderung kicauan dasar dan monoton, seperti ngukluk/ ngeban-ngeban suara hutannya saja.


"Hadirkanlah masteran yang terbatas dan rajin mengeluarkan suara andalannya".


Kondisi Fisik
Selain materi, Murai Batu juga akan rajin bongkar isian saat ia merasa kondisi fisiknya baik. Ini meliputi pola asupan nutrisi yang seimbang, mandi, jemur dan umbaran yang tercukupi.
  1. Nutrisi, Takaran Extra Fooding yang tepat dan proporsional
  2. Mandi & Jemur, Cukup mandi dan cukup jemur
  3. Umbaran, Olah fisik cukup dan tidak berlebihan
  4. Usia, Kematangan Usia memicu kematangan birahi
Demikianlah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Murai Batu agar bongkar isian saat dilombakan. Nyatanya memang tidak semudah yang dibayangkan, setidaknya semua memerlukan usaha terus menerus dan konsisten. Konsistensi mengolah Materi dan Kondisi Fisik burung menjadi faktor kuncinya. Selamat Mencoba.



Copyright © ringadraz.blogspot.co.id, 2017
Rev.0 July 16, 2017

No comments:

Post a Comment