Thursday, January 8, 2015

Pesona Murai Batu Ekor Hitam

Murai Batu Ekor Hitam memang sedikit berbeda dengan Murai Batu Sumatera lainnya.
Berikut beberapa testimoni dari para pemilik Murai Batu ekor hitam / (Black Tail) BT yang berhasil saya rangkum, yang membuat MB BT menarik adalah:


-Gaya mainnya sambil sujud-sujud
-Efek kipasan ekornya yang nampak atraktif
-Volumenya dan besetan nya pedes
-Mudah menyerap materi masteran
-Lebih mudah beradaptasi
-Temperament dan Agresif



Umumnya MB BT akan berkicau dengan lagu yang relatif monoton sepanjang harinya, Isiannya akan segera keluar sesaat ketika ia berhadapan dengan lawannya.
Dengan ekornya yang dominan pendek sekitar 14-16cm, tubuh yang relatif mungil dan sifatnya yang temperamen. BT akan terlihat lebih atraktif ketika digantang.
Tak sedikit juga yang mengakui dengan menggantang BT di lapangan dapat membuat mb lainnya mengalami ngebatmen atau drop.


Akhir-akhir ini semakin bertambah pemain yang berani menggantang BT di lapangan. Hal ini membuat beberapa EO ternama berinisiatif menggelar kelas khusus mb ekor hitam.
Di sisi lain Komunitas Black Tail (KomBat) menentang keras menggantang MB BT di kelas ini, pasalnya secara umum MB BT tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan MB Sumatera lainnya, kecuali warna ekor. Bagi rekan-rekan KomBat, BT harus dinilai bersamaan / setara dengan dengan MB lainnya.


Disisi lain permintaan pasar pun melonjak drastis, seiiring dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding jenis mb sumatera lainnya. Kini semakin banyak Penghobis mulai berburu BT berkualitas mulai dari trotolan hutan hingga ke peternakan.

Copyright © ringadraz.blogspot.com, 2015
Rev.0 January 9, 2015

No comments:

Post a Comment