Sunday, January 11, 2015

Masteran Favorit untuk Trotolan Murai Batu

Pada 16-19 Oktober 2014 yang lalu, saya bersama dengan sahabat saya Om Andri Asmari selaku bagian dari admin Grup FB Murai Batu Ring (MBR) menyelenggarakan Kuis MBR #1. Alhamdulilah, Kuis inipun sempat menggugah antusiasme dari 80 responden anggota grup,sehingga total pilihan yang tercatat sebanyak 152 pilihan.

Berikut cuplikan kuisnya
-------------------------------------
QUIZ MBR #1.
Anggap anda punya dana tak terbatas, tapi karena halaman rumah anda memiliki lahan yg sangat minim lantas anda hanya bisa mengalokasikan dana tsb hanya untuk membeli 2 jenis burung masteran.


 Agar MB trotolan ring anda kelak menjadi jawara, menurut anda :
 (1) 2 (dua) burung masteran apakah yang akan anda beli?
 (2) Sebutkan juga kriteria beserta alasannya!

-------------------------------------
Jawaban Terbaik versi Panitia Kuis MBR adalah :


Andika Saputra
1)saya memilih CJ, karena dengan harapan dapat mendongkrak volume anakan menjadi lebih kasar, disamping kebiasaan besetan yg dikeluarkan nantinya, materi isian CJ bisa dianggap paling mudah diserap oleh trotol, karena tak perlu nafas yg panjang (seperti oktaf pada kenari atau burung yg bernada panjang) utk itu, sederhananya untuk level pertama CJ saya anggap yg paling cocok..(kelas 1 jangan diajarkan ilmu kelas 6, sebgai perumpamaan saja).
2)setelah CJ saya memilih cililin, karen utk mengikuti trend sekarang ini, disamping tu trotol akan dapat dengan mudah mengikuti irama cililin karena sebelumnya sudah terbiasa dengan CJ yg ngebeset dan ngepik, terlebih jika ngepiknya memiliki speed yg rapat.
 
Selamat kepada Om Andika Saputra, An'D BF BOGOR sebagai Pemenang Kuis MBR#1 dan berhak atas sovenir yang telah ditentukan.
Terimakasih kepada Om Andri Asmari yang telah menyematkan hasil kuis ini kedalam dokumentasi file di Grup FB MBR.


Hasil Kuis #1 Grup FB Murai Batu Ring
5 Masteran Favorit

Disisi lain, sayapun mencoba untuk mengeneralisir 152 pilihan yang masuk dan mencoba mengambil menjadi satu buah kesimpulan,
Cukup menarik,ternyata saya mendapati setidaknya ada 5 burung masteran terfavorit untuk trotolan, versi MBR, berikut alasanya singkatnya. 

1.Cililin
Hingga hari ini Cililin memang masih tetap menjadi trend utama dalam hal suara isian untuk MB.Dilapangan inilah suara yg ditunggu2 oleh Juri baik Latber, maupun Latpres disetiap Event Organizer.
Tembakannya terdengar sangat Tajam & Menekan, bila mampu diadopsi oleh MB, suara Cililin dapat membuat MB berteriak lantang dan membuka paruhnya secara maksimal.


2.Love Bird
Karakter ngekek panjang dan kasar dengan intonasi nada tinggi yang dimiliki Love Bird (LB), cukup untuk mencuri perhatian para juri di lapangan.

3.Kenari
Tujuannya adalah agar MB tersebut kelak mempunyai intonasi lagu bervariasi, melimpah dan ngerolnya panjang.
Sayangnya tak banyak MB yang dapat menirukan suara Kenari dengan sempurna hingga selesai, karna komposisi lagu yang dimiliki KN memang cukup kompleks.


4.Cucak Jenggot
Untuk level pengenalan lagu pertama pada trotolan, Cucak Jenggot (CJ) memang yg paling cocok.
Materi isian CJ bisa dianggap paling mudah untuk diserap oleh trotol, karena tak perlu nafas yg panjang, seperti yang ditemukan pada Cililin,
dan tidak kelewat kompleks seperti karakter lagu kenari. Besetan kasar ala jenggot ini diharapkan dapat menjadi salah satu senjata andalannya kelak nanti.


5.Pentet Isian
Pentet gacor dengan tipe suara tembus dan speed rapat, latah dan fasih memuntahkan suara isiannya. Suara pentet terdengar lebih tajam apabila dibawakan oleh MB akan terdengar sangat menonjol.


Walaupun semuanya kembali kepada kepintaran masing-masing MB, pemasteran dengan jumlah masteran terbatas semenjak usia trotol AKAN LEBIH BAIK dibanding memperkenalkannya dengan banyak masteran. Karena hal tersebut dapat membuat trotolan malah jadi tambah bingung dengan materi ajarnya sendiri,nah kalau sudah begitu bagaimana anda mengharapkan ia dapat mengeluarkan isian tersebut saat dilapangan?

Selain masteran dengan jumlah terbatas, pengaturan penempatan dan pola perawatan sehari hari juga harus diperhatikan agar rawatan tersebut berhasil dengan baik
Semoga bermanfaat, Terimakasih untuk semua rekan-rekan MBR yang telah berkontribusi positif. Sampai ketemu pada kuis MBR berikutnya.

Copyright © ringadraz.blogspot.com, 2015
Rev.0 January 12, 2015

2 comments:

  1. suara masteran halilintar om ada gak ya

    ReplyDelete
  2. hati hati main burung malah wanita penonton terkena rangsangan deh hhehee

    ReplyDelete